Resep Es Pocong Manis dan Segar Untuk Berbuka puasa

Menu Internasional - Bulan Ramadhan memang identik dengan orang berpuasa, identik pula dengan berbuka puasa. Nah kali ini saya akan memberikan resep es pocong manis segar untuk menu anda berbuka puasa. Dari namanya memang sangat menyeramkan namun sekaligus juga membuat penasaran bagi yang belum pernah melihat, apalagi merasakan nikmat dan segarnya es pocong. Bagi penyuka horor jangan berharap anda mendapatkan tempat yang menyeramkan, atau suasana mencekap ketika membeli es pocong. Tidak ada sama sekali kesan horor penuh misteri jika anda mendatangi kedai tempat berjualan es pocong, semua tampak bersih dan terang benderang, dan mungkin sang pemilik juga sangat ramah. Nah terbuka sudah akhirnya kedok si pocong dalam bentuk minuman es segar ini, tidak ada niat menakuti, dinamakan es pocong dengan tujuan agar banyak orang penasaran saja untuk memudahkan orang mengenal dan menghafal nama produk minuman baru tersebut.

Es pocong yang anda lihat ternyata memiliki tampilan yang sangat berbalik 180 derajat dari bentuk mengerikan. Es pocong yang siap anda minum memiliki tampilan unik, menarik, imut dan menggemaskan. Bagaimana bisa tidak gemes melihat tampilan es pocong yang terlihat memiliki kombinasi warna-warni dari bahan yang digunakan untuk membuatnya. Es pocong sebenarnya merupakan hasil inovasi hasil penggabungan kuliner tradisional yang dibalut dengan nuansa modern. Di dalam segelas es pocong anda bisa menemukan unsur tradisional yang diwakili oleh bubur sumsum dan kue moci, baru kemudian deberi sirup dan soda, lalu di atasnya diberi topping untuk mempercantik tampilan es pocong itu sendiri. Untuk toppingnya bisa beraneka ragam, semua menyesuaikan dengan selera pembuatnya masing-masing. Jadi yang dinamakan es pocong sebenarnya adalah minuman campuran dari kuliner tradisional yang dibalut dengan nuansa modern, itu menurut saya. Untuk rekomendasi menu berbuka puasa yang lain silahkan simak juga resep es pisang ijo untuk anda coba.

Nah strategi kombinasi kuliner ini ternyata mampu menarik minat para pemburu kuliner. Es ini memang bisa ditemukan sehari-hari, namun tidak semua tempat ada yang berjualan es pocong. Es pocong yang terkenal ada di bilangan kota Depok dan ada juga di daerah Solo Jawa Tengah. Jika di tempat anda tinggal tidak ada bisa koq membuatnya sendiri dengan mudah. Apalagi di saat puasa seperti ini es pocong saya rasa angat cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Unsur bubur sumsum bisa sedikit mengenyangkan, kemudian campuran sirup dan es bisa memberikan kesegaran setelah seharian berpuasa. Namun untuk berbuka puasa apakah baik mencampurkan soda di dalam minuman saya kurang tau. Yang jelas kini ada referensi es pocong sebagai menu berbuka puasa. Namun perl saya jelaskan juga bahwa es pocong berbeda di masing-masing daerah sesuka pembuatnya saja, ada yang menggantikan bubur sumsum dengan bahan lain.

Bagi anda yang menyukai minuman segar dan sedikit mengenyangkan anda bisa mencoba membuat sendiri es pocong di rumah. Mumpung puasa masih setengah jalan kalau hasilnya enak bisa saja anda jual, malah bisa memberikan sedikit penghasilan untuk anda. Nah jika anda tertarik untk membuat es pocong manis dan seger silahkan saja anda simak resep es pocong manis dan segar yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 2 buah pisang raja (pilih yang sudah matang)
  • 2 lembar daun pandan
  • 500 ml santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram tepung beras
  • 200 ml sirup (sesuaikan selera)
  • Es batu secukupnya
Cara membuatnya :
  1. Potong bulat pisang raja yang sudah matang agak tipis, lalu sisihkan dahulu. Kemudian didihkan santan bersama dengan daun pandan, lalu masukkan gula pasir. Aduk-aduk hingga gula larut bersama santan. Kemudian tambahkan tepung beras ke dalam campuran santan, masak hingga matang dan tepung beras menggumpal seperti bubur sumsum, lalu angkat dan biarkan hingga dingin.
  2. Masukkan bubur tepung beras ke dalam gelas atau mangkuk saji lalu berilah irisan pisang raja. Kemudian tambahkan es batu dan siram dengan sirup sesuai dengan selera anda, lalu sajikan segera agar tetap dingin dan es belum mencair.
Nah es pocong sudah selesai saya bagikan resepnya untuk anda. Bagaimana apakah masih serasa seram? Asal minumnya di rumah dan tidak dikuburan pasti akan nikmat saja hehehe. Nah bahan untuk membuat es di atas bisa disajikan untuk 4 orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

0 Response to "Resep Es Pocong Manis dan Segar Untuk Berbuka puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel