Jajanan Jadul Pasar Tradisional Yang Hampir Punah

 Jajanan Jadul Pasar Tradisional Yang Hampir Punah 


Jajanan tradisional itu selalu menggiurkan dan membangkitkan selera kita, sebut saja jajanan tradisional seperti kue klepon getuk, lapis dan masih banyak yang lainnya,,,, hmmmm... selalu membuat kita rindu dan bangga akan negeri indonesia.

Keterampilan nenek moyang menciptakan resep resep yang sangat menggoyang lidah ini patut di acungi jempol dan di lestarikan. agar anak dan cucu kita selalu ingat akan makanan makanan khas di negeri ini. jadi jangan sampai makanan ini punah di telan zaman.

Berikut adalah daftar nama-nama jajanan pasar tradisonal yang hampir punah.

1. Klepon


Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan sekaligus jajanan tradisonal  indonesia yang termasuk kedalam kelompok jajanan pasar. makanan yang sangat enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang di bentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu di rebus dalam air mendidih.

keu klepon ini berasal dari kota pasuruan di jawa tengah dan klepon juga di sebut dengan sebutan onde-onde bagi orang-orang yang ada di sumatra dan malaysia.  dan sejak tahun 1950 klepon sudah ada di restoran indonesia belanda dan china. dan kue klepon ini di perkenalkan oleh indo imigran.

2. Lemper



Bagi kamu yang belum tahu, kenapa makanan ini dikenal dengan sebutan lemper, nah sejarahnya pada waktu itu harga daging itu sangatlah mahal sehingga di isi dengan kelapa muda yang dimasak seperti abon atau serundeng yang disebut gebingan. isian ini dimasukan kedalam beras ketan yang setelah itu dipadatkan dan di bungkus dengan daun pisang, nah seiring dengan semakin terkenalnya makanan ini, orang mengganti isinya dengan daging sapi atau ikan yang di giling.

3. Kue Ape



Kue Ape merupakan kue yang berasal dari daerah betawi atau jakarta, berdasarkan sejarahnya nama kue ini berasal dari tanya jawab diantara penjual dan pembelinya. di daerahnya kue ini sangat populer dan digemari banyak orang. meskipun berasal dari daerah betawi tetapi kue ini sudah banyak dijual di daerah lainnya biasanya kue ini dijual di pinggir jalan atau di depan sekolah. yang mana anak-anak biasanya sangat suka dengan kue ini 

Sepintas kue Ape ini nampak mirip seperti bentuk kue serabi yang berasal dari solo, namun kue ini memiliki tekstur yang garing dan sangat renyah sekali. rasanya yang begitu manis dengan aroma pandan yang melengkapinya.

4. Kue Pancong



Kue pancong adalah jajanan khas dari betawi juga, kue ini bentuknya hampir sama dengan kue pukis karena dalam pembuatannya menggunakan cetakan yang sama, namun yang membedakan adalah citarasa dan teksturnya. 

Kue pancong ini terbuat dari adonan tepung terigu sehingga kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. perlu kamu ketahui keberadaan kue pancong ini sudah jarang ditemui, alternatifnya adalah jika kamu belum pernah mencoba kue yang satu ini kamu bisa kok membuatnya sendiri dirumah.



0 Response to "Jajanan Jadul Pasar Tradisional Yang Hampir Punah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel