Resep Dan Cara Membuat Es Selendang Mayang

Resep Dan Cara Membuat  Es Selendang Mayang

Pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan tentang resep dan cara membuat es selendang mayang. yang mana es seledang mayang ini adalah salah satu minuman tradisional indonesia yang berasal dari jakarta, minuman ini juga biasa disebut minuman "jadul" . Nah yang unik dari minuman itradisional ini adalah, yaitu adanya agar-agar dengan beberapa lapisan warna-warni yang terbuat dari sagu aren dan bisa dibilang mirip kue lapis.  nama selendang mayang sendiri di dapat dari perpaduan warna hijau merah dan putih yang mirip dengan selendang. 

Es selendang mayang merupakan resep yang didapat turun-temurun dari para leluhur mereka. meskipun resep warisan, ternyata resep yang digunakan untuk membuat es ini tidaklah sulit yaitu sagu aren.

Sampai saat ini Es selendang mayang ini sering disajikan di acara-acara pernikahan orang orang betawi, ya memang , karena es ini berasal dari masyarakat betawi. tapi kamu tidak usah khawatir jika kamu ingin mencicipinya, kamu bisa loh membuatnya sendiri dirumah.

Bagaimana Cara Membuatnya ?

Sebelum kita membahas bagaimana caranya membuat es selendang mayang ini, pastikan bahwa kamu sudah melengkapi semua bahan-bahannya untuk membuat es selandang mayang ini.

Bahan-bahan :

1. 75 gram tepung beras
2. 100 gram tepung sagu aren
3. 50 ml air daun suji 
4. 1000 ml air matang
5. 1/2 sdm garam halus
6. Es serut secukupnya
7. 3 tetes pewarna merah untuk makanan, bahan kuah santan
8. 500 ml santan 
9. 3 lembar daun pandan
10. 1/2 sdt garam halus

Bahan Saus :

1. 1000 ml air matang
2. 500 gram gula aren ( sisir halus )
3. 100 gram gula pasir
4. 1 lembar daun pandan

Cara Membuat :

1. Pertama rebus terlebih dahulu 1000 ml air bersama dengan air daun suji tepung sagu aren, tepung beras dan garam sambil di aduk-aduk hingga adonan terlihat meletup- letup. kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian 

2. Pertama tambahkan air daun suji, untuk bagian kedua tambahkan pewarna merah untuk makanan dan bagian yang ketiga biarkan tetap dengan warna dasarnya.

3. Selanjutnya, siapkan loyang persegi yang sebelumnya sudah di beri olesan margarin. kemudian tuangkan adonan hijau kedalam loyang, lalu tuangkan pula adonan putih diatas adonan hijau dan yang terakhir tuangkan pula adonan merah di atas adonan putih. lalu diamkan sampai adonan dingin, setelah dingin lalu di potong potong.

4. Selanjutnya untuk membuat kuah santan  rebus santan bersama dengan daun pandan dan garam halus sambil di aduk sampai mendidih kemudian angkat dan tiriskan.

5. Untuk membuat bahan saus. rebus air bersama dengan gula aren gula pasir dan daun pandan sambil diaduk pula sampai mendidih. kemudian angkat dan tiriskan

6. Terakhir Siapkan cangkir atau mangkuk, lalu sajikan potongan potongan selendang mayang bersama dengan es serut, kuah santan dan sausnya.

7. Selesai.

0 Response to "Resep Dan Cara Membuat Es Selendang Mayang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel