Resep Cara Membuat Puding Coklat Pandan

Puding coklat pandang hmmm yummy ada yang mau mencoba resep yang satu ini? jika iya yuk mari merapat bunda, terus siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti dibawah ini. Nah puding coklat pandan ini bisa anda sajikan sebagai salah satu menu berbuka puasa sore nanti. Lebih jelasnya anda bisa intip resepnya dibawah ini lalu ikuti langkah-langkah cara membuatnya, selamat mempraktekkan and happy cooking Mom,,


Bahan puding hijau:
  • 1 bungkus agar-agar warna hijau atau bisa juga yang tanpa warna (saya pakai merk Swallow Globe)
  • 150 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh garam
  • 200 ml ekstrak pandan, dari 20 lembar daun pandan dan 300 ml air
  • 700 ml susu cair putih kemasan kotak
  • 150 gram coklat blok putih
  • beberapa tetes pasta pandan (optional)
Bahan puding coklat:
  • 1 bungkus agar-agar coklat (saya pakai merk Swallow Globe)
  • 100 gram gula pasir (susu coklat kemasan sudah terasa manis)
  • 1/8  sendok teh garam
  • 700 ml susu coklat kemasan kotak
  • 200 gram coklat blok (dark cooking chocolate) + 200 ml susu cair coklat (potong-potong coklat blok ukuran 3 x 3 cm agar mudah lumer kala dimasak)
Bahan saus vla:
  • 300 ml susu cair
  • 1 sendok makan tepung maizena, encerkan dengan 3 sendok makan susu cair
  • 50 gram gula pasir
Cara Membuat Ekstrak Pandan
  1. Siapkan daun pandan wangi, cuci hingga bersih. Potong-potong daun pandan dengan gunting sepanjang 2 cm. Masukkan ke dalam gelas blender, jejalkan. \
  2. Tuangkan air dan proses hingga hancur. Saring pandan, sisihkan air hijaunya.
Cara Membuat puding layer hijau
  1. Siapkan loyang, basahi permukaannya dengan air. Sisihkan. 
  2. Siapkan mangkuk, masukkan 2 sendok makan gula pasir (ambil dari 150 gram gula pasir di resep), agar-agar warna hijau dan sekitar 100 ml susu cair (ambil dari 700 ml susu yang tertera di resep). Aduk rata, hingga agar-agar larut dan menjadi larutan yang smooth dan bebas gumpalan.
  3. Siapkan panci, masukkan esktrak pandan, sisa susu cair, garam, coklat blok dan sisa gula pasir. Tuangkan larutan agar-agar ke dalam panci dan aduk hingga rata. Masak larutan agar-agar dengan api sedang, sambil sesekali diaduk, hingga larutan mendidih. Matikan api.
  4. Tuangkan larutan agar-agar ke dalam loyang yang telah dipersiapkan. Ukur tinggi adonan dengan mencelupkan sebatang lidi ke dalam adonan. Kemudian tandai sisa sisi loyang berdasarkan panjang lidi yang tercelup oleh adonan. Ini berfungsi agar ketika lapisan kedua dimasukkan anda tahu ketinggian adonan yang diperlukan, sehingga masing-masing layer puding memiliki tebal yang sama.
Cara Membuat puding layer coklat
  1. Siapkan panci dan masukkan potongan coklat blok, kemudian letakkan panci berisi coklat di atas panci lainnya/kukusan berisi air mendidih (usahakan agar dasar panci berisi coklat tidak bersentuhan langsung dengan air mendidih). Tuangkan 200 ml susu cair, masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga coklat mencair dan tercampur rata dengan susu. Angkat dan sisihkan.
  2. Ketika lapisan puding hijau permukaannya sudah mulai tampak membentuk lapisan yang keras namun bagian bawahnya masih lembek, segera buat adonan puding coklatnya.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan 2 sendok makan gula pasir (ambil dari 100 gram gula pasir di resep), garam, agar-agar coklat dan 100 ml susu coklat (ambil dari 700 ml susu coklat di resep). Aduk hingga rata, hingga agar-agar larut dan menjadi larutan yang smooth dan bebas gumpalan.
  4. Siapkan panci, masukkan sisa susu cair coklat dan sisa gula pasir. Tuangkan larutan agar-agar ke dalam panci dan aduk hingga rata. Masak larutan agar-agar dengan api sedang, sambil sesekali diaduk, hingga larutan mendidih. Matikan api.
  5. Tuangkan lelehan coklat blok, aduk rata.  
  6. Tuangkan secara hati-hati larutan puding coklat ke permukaan lapisan puding hijau. Diamkan puding hingga uap panasnya menghilang, kemudian masukkan loyang berisi puding ke dalam kulkas hingga benar-benar keras.
  7. Jika telah mengeras, keluarkan puding dari dalam kulkas. Lepaskan sisi-sisi puding dengan menjalankan sebuah pisau tipis di bagian tepi puding. Kemudian balikkan puding ke wadah datar, ketuk-ketukkan hingga lepas dari loyangnya. Potong-potong puding sesuai selera.
Cara Membuat vla
  1. Siapkan panci, masukkan semua bahan vla kecuali rum/rum essence (jika pakai). Aduk perlahan dengan api sedang hingga mendidih dan mengental. Angkat dari kompor, tuangkan rum/rum essence atau vanili. Aduk rata.
  2. Jika adonan vla bergerindil, saring adonan atau proses sebentar di dalam blender hingga smooth. Biarkan vla hingga dingin sebelum diguyurkan ke permukaan puding. Super yummy!
Untuk 1 loyang puding ukuran 20 x 20 x 10 cm

0 Response to "Resep Cara Membuat Puding Coklat Pandan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel