Resep Cara Membuat Martabak Tempe Sedap Mantap

Menu Internasional - Jika kita suka jajan dipinggir jalan saat malam tentunya kita pernah menikmati yang namanya martabak. Umumnya martabak terbuat dari telur dan biasanya telur bebek. Nah kali ini kami akan membagikan resep martabak tempe, bahan utama adalah tempe sebagai bahan isian, namun masih menggunakan telur juga sebagai bahan campuran atau sebagai bahan untuk kulit. Ini sangat cocok untuk anda yang benar-benar pecinta martabak. Mungkin masih asing sekali bagi anda yang selama ini terbiasa makan atau menikmat martabak telur. Mungkin jug anda bertanya seperti apa bentuk dan rasa dari martabak telur. Nah makanya resep ini kami bagikan untuk mengobati rasa penasaran anda semua.

Martabak telur yang mungkin banyak peminatnya adalah martabak telur Bangka, entah mengapa hingga saat ini martabak telur Bangka ini begitu terkenal. Mungkin martabak tempe bisa mengalihkan sedikit perhatian dari martabak bangka yang terkenal itu. Membuat martabak tempe sangat simpel dan menggunakan bahan-bahan yang tidak jauh berbeda dengan martabak pada umumnya. Namun dalam pembuatan martabak ini satu hal yang membuatnya berbeda adalah tempe itu sendiri yang diguanakan sebagai bahan utama. Belum pernah kan melihat ada tempe dalam martabak bangka?

Nah rasanya untuk resep yang satu ini, anda yang sudah terbiasa membuat martabak telur pastinya sudah terampil membuatnya, bahkan mungkin terlihat gampang. Namun tujuan pembuatan resep ini tentu saja kami tujukan bagi anda semua yang baru belajar untuk memasak. Bagi yang sudah bisa membuatnya mungkin resep ini sedikit memberikan varian lain dari martabak yang biasa anda buat. Untuk itu mari kita simak resepnya yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Martabak Tempe Sedap Mantap

Bahan-bahan :
  • 200 gram tepung terigu
  • 500 ml air
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan isi :
  • 200 gram tempe kukus
  • 1 butir bawang bombay (rajang melintang)
  • 50 gram daging giling
  • 100 gram daun bawang (rajang halus)
  • 1 sendok teh garam
  • 2 butir telur ayam
  • 1/2 sendok te bubuk merica
  • Penyedap rasa (jika suka)

Cara membuatnya :
  1. Membuat kulit : campurkan tepung terigu bersama dengan air, telur dan garam, aduk-aduk hingga tercampur rata. Panaskan sedikit minyak di atas wajan datar (wajan untuk mendadar), lalu tuangkan adonan untuk bahan kulit, buatlah dadar tipis dari adonan kulit tersebut, lalu angkat.
  2. Membuat isi : tumislah potongan bawang bombay hingga harum, lalu masukkan tempe kukus, daging giling, serta daun bawang. Masukkan juga telur ayam, bubuk merica, garam dan penyedap rasa (jika suka). Masak bahan-bahan tersebut hingga matang, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Ambil satu lembar kulit maratabak, lalu beri dengan sesendok bahan isian atau tumisan tempe, kemudian lipat kulit martabak dan goreng dalam minyak panas hingga warna menjadi kuning kecoklatan dan matang, lalu angkat dan tiriskan.

Nah martabak tempe sudah bisa dinikmati bersama anggota keluarga anda. Jika anda ingin mencoba membuatnya di rumah, bahan yang tersedia bisa dinikmati leh empat orang. Selamat mencoba dan jangan berhenti berkreasi.

0 Response to "Resep Cara Membuat Martabak Tempe Sedap Mantap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel