Resep Cara Membuat Ayam Taliwang Pedas Khas Lombok

Menu Internasional - Kali ini kami akan memanjakan lidah para pecinta kuliner tradisional, terutama bagi anda yang mencintai kuliner daging ayam. Setelah berbagai menu ayam baik goreng maupun bakar dari berbagai daerah kami sajikan, kini saatnya kita menuju daerah timur Nusantara dengan resep cara membuat ayam taliwang khas Lombok. Masakan khas Lombok yang satu ini memang selalu berhasil memanjakan lidah para pecinta kuliner dengan sensasi pedasnya. Pertama yang akan didapakan dari masakan yang satu ini adalah aroma yang mampu menggugah selera, selanjutnya sensasi pedas dan nikmatnya ayam akan menggoyang lidah anda dan mengenyangkan perut anda.

Seperti umumnya masakan khas Indonesia timur memang tak lepas dari sensasi pedas yang luar biasa, namun meskipun pedas justru banyak orang yang ketagihan dengan masakan yang satu ini. Beberapa waktu lalu beberapa kali saya mendatangi warung tenda yang menyediakan menu khas Lombok ini, beberapa kali juga saya dibuat mulas-mulas oleh pedasnya ayam taliwang ini. Meskipun tahu resiko menyantap makanan pedas selalu mengganggu sistem pencernaan saya, namun tetap saja beberapa kali juga saya kembali menikmati masakan yang sangat nikmat ini.

Namun menikmati masakan tradisional khas Lombok yang nikmat ini ini ada kalanya juga harus mengeluarkan biaya yang tidak murah, meski sebanding dengan rasanya yang nikmat, namun tetap saja akan terasa mahal juga bagi saya. Nah untuk mengurangi pengeluaran yang banyak untuk beberapa porsi ayam taliwang berikut akan saya coba berikan resep ayam taliwang spesial untuk anda. Semoga rasa yang dihasilkan sesuai dengan selera atau bahkan lebih nikmat dari yang biasa anda makan di restoran. Untuk mempersingkat waktu segera saja simak resep yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Ayam Taliwang Pedas Khas Lombok

Bahan-bahan :
  • 1 ekor ayam kampung (pilih yang masih muda)
  • 2 butir jeruk limau (peras ambil airnya)
  • 1 sendok teh garam
  • 5 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 500 ml air

Bumbu yang dihaluskan :
  • 5 siung bawang putih
  • 20 butir bawang merah
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh terasi (dibakar)
  • 2 buah tomat
  • 3 cm kencur
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula merah (disisir)
  • Penyedap rasa (hanya jika disukai)

Cara membuatnya :
  1. Belah bagian bawah dada ayam hingga bagian atas dada, balik ayam hingga tertelungkup, lalu tekan bagian punggung ayam hingga belahan dada ayam terbuka lebar. Selanjutnya lumuri badan ayam menggunakan perasan jeruk limau dan garam, kemudian diamkan dalam waktu kurang lebih 25 menit.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum, kemudian masukkan ayam yang sudah diolesi dengan air jeruk dan garam, lalu tuang dengan air. Tutup wajan, dan masak ayam menggunakan api kecil hingga ayam matang dan bumbu meresap dan agak mengering.
  3. Setelah diangkat dari wajan, lalu bakar ayam sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu dan balik. Bakar hingga ayam berubah warna menjadi kecoklatan dan agak kering. Lalu angkat dan sajikan saat panas bersama dengan nasi hangat.

Note : Untuk mendapatkan ayam dengan tekstur kering, panggang ayam menggunakan oven terlebih dahulu setelah diungkep, baru kemudian dibakar.

Nah mudah sekali kan membuat ayam taliwang khas Lombok. Bumbu dan bahan yang digunakan diatas bisa disajikan untuk empat porsi makan. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

0 Response to "Resep Cara Membuat Ayam Taliwang Pedas Khas Lombok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel