Resep Singkong Thailand Super Enak

Pernah nyoba makan singkong rebus ala thailand? Rugi banget kalau belum! Ternyata, Singkong yang sering dipandang sebelah mata ini bisa menjadi camilan yang sangat enak bila diolah dengan benar. Perpaduan dari singkong yang lembut, rasa manis dari karamel, dan rasa gurih dari santan benar-benar bisa bikin kamu ketagihan makan singkong ini.

 Pernah nyoba makan singkong rebus ala thailand Resep Singkong Thailand Super Enak


Singkong thailand atau yang sering disebut dengan singkong thai ini merupakan salah satu camilan yang enak Khas dari Negara Thailand. camilan lembut yang memakai bahan dasar singkong ini sering kali disajikan sebagai hidangan penutup setelah makan besar. maka tak aneh lagi bila banyak Restauran yang menyajikan masakan Thailand menjadikan Singkong Thai menjadi dessert. selain itu, singkong thailand ini juga enak bila dijadikan sebagai camilan saat bersantai.

Walau terlihat sederhana, tapi singkong merupakan bahan makanan yang sehat karena mengandung banyak serat dan bergizi. Singkong Thailand ini cukup lembut dan bisa dinikmati oleh siapa saja, termasuk bayi mulai umur 8 bulan. Singkong thailand bisa dijadikan asupan alternatif untuk bayi supaya si bayi tidak bosan dengan asupan bubur nasi dan sejenisnya.

Mereka yang sudah lanjut usia juga bisa menikmati Singkong Thailand, karena teksturnya yang lembut, bebas gluten, dan nilai kalorinya tidak terlalu tinggi dibanding nasi.

Singkong thailand dikenal juga dengan nama Thai Candied Cassava (Montad Chuame). Makanan ini mulai populer di Indonesia dan bisa dinikmati di beberapa restoran.Buat kamu yang tinggal di Jogja, bisa mencoba singkong ala thailand ini di resto Phuket yang tersebar di beberapa wilayah di Jogja.
Tapi kalau jauh dari Jogja dan pingin bikin sendiri, bagaimana cara membuatnya? Nah, buat kamu yang penasaran, berikut adalah resep singkong thailand yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan :
  • 0,5 kg singkong. Kupas dan potong ukuran sedang
  • 200gr gula pasir
  • 200 ml air jeruk manis
  • 0,5 liter air
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • 1/2 sendok teh garam

Saun Santan:
  • 150 ml santan kental
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/8 sdt garam
  • 1 sdm maizena yang dilarutkan dengan sedikit air.

Cara Membuat :
  1. Kupas singkong hingga bersih. Potong-potong ukuran sedang dan kemudian rendam dengan air jeruk selama 1/2 jam.
  2. Masak air terlebih dahulu. Setelah mendidih, masukkan singkong, gula pasir, daun jeruk purut, dan daun pandan.
  3. Masak terus dan aduk perlahan sampai air mengental dan terserap ke dalam singkong. Pastikan air yang tersisa tinggal sedikit supaya singkong menjadi lembut dan manis. Pada proses ini, gula akan sedikit membentuk karamel dan membuat singkong terlihat lebih kuning.

Saus Santan:
  1. Rebus santan dan garam dengan api sedang. Aduk perlahan hingga mendidih.
  2. Tambahkan larutan maizena supaya saus menjadi lebih kental.

Penyajian:
  • Taruh singkong dalam piring atau mangkuk, kemudian siram dengan saus santan. Bila suka, tambahkan sedikit taburan wijen atau parutan keju untuk memperkaya rasa. Selain dalam keadaan hangat, singkong thailand ini juga tetap enak dalam keadaan dingin setelah dimasukkan lemari es lho, coba saja!

Nah, gampang banget kan? Ayo segera mencoba resep singkong thailand yang gampang dan enak ini. Rasanya, dijamin maknyusss!

Selain terkenal dengan nama singkong thailand keju, singkong ala thai ini juga sering disebut dengan Singkong Thailand Saus Kelapa, Singkong Thailand Vla Santan, Singkong Thailand Saus Santan, Singkong Thailand Saus Santan Kental dan lain sebagainya. selain menggunakan toping keju, singkong thailand ini juga sering dikreasikan dengan wijen sebagai topingnya agar tampilannya semakin cantik dan menggugah selera. selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Singkong Thailand Keju Lembut ini dirumah. terimakasih sudah membuka , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat. sekian.

Sumber : resepjajanindo

0 Response to "Resep Singkong Thailand Super Enak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel