Resep Cara Membuat Es Cendol Legit Manis Segar

Menu Internasional - Saat ini sebagian besar kawasan Nusantara masih mengalami musim kemarau yang panjang dan belum turun hujan hingga saat ini. Panas yang sangat menyengat terutama pada siang hari sangat mengganggu konsentrasi dan aktivitas banyak orang. Selain itu teriknya matahari membuat kebanyakan orang diserang dahaga yang sangat dasyat. Untuk mengurangi rasa haus yang teramat sangat tentu saja dengan mengkonsumsi minuman dingin. minuman dingin yang sangat dianjurkan adalah es cendol. Nah kali ini kami akan memberikan resep es cendol nan legit untuk menyegarkan tubuh anda di siang hari yang panasnya minta ampun.

Cara membuat cendol sebenarnya sangat mudah, meskipun banyak juga yang menjualnya pinggir jalan, namun panasnya cuaca saat ii membuat orang banyak yang enggan keluar rumah. Ada baik nya jika anda membuat sendiri cendol legit anda dirumah sehingga anda tidak perlu keluar menerobos panasnya terik matahari yang membuat anda tidak nyaman. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah di dapat dan banyak tersedia di warung-warung terdekat. Membuatnya juga tidak terlalu lama sehingga sangat praktis.

Nah jika anda tertarik untuk membuat es cendol yang nikmat segera saja anda siapkan bahan-bahan yang tertulis di dalam resep di bawah. Satu lagi tambahan jika anda terbiasa menggunakan es batu untuk campura cendol, anda juga bisa menggunakan es krim vanila sebagai ganti es batu. Resep es krim sudah pernah kami posting sebelumnya. Nah untuk mempersingkat waktu segera saja anda simak resep es cendol nan legit berikut ini.

Resep Cara Membuat Es Cendol Legit Manis Segar

Bahan-bahan :
  • 750 ml air daun suji
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 bungkus tepung untuk membuat cendol (tepung hungkwe)
  • 500 gram gula merah (disisir tipis)
  • 250 ml air
  • 800 ml santan (jangan terlalu kental)
  • 2 sendok teh garam halus
  • 2 lembar daun pandan
  • 300 gram tape singkong (potong-potong)
  • 300 gram nangka (potong/suwir)
  • Es batu secukupnya (bisa diganti es krim)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan air daun suki dan air kapur sirih, aduk-aduk lalu saring campuran air tersebut. Campurkan saringan air tadi dengan tepung hungkwe, aduk-aduk hingga rata, lalu masak diatas api. Aduk-aduk campuran tepung dan air hingga mendidih, mengental dan matang, lalu segera angkat. Selanjutnya cetaklah adonan tepung menggunakan cetakan cendol, lalu rendam hasil cetakan cendol menggunakan air dingin yang sudah matang. Lalu sisihkan dahulu.
  2. Masaklah gula merah dengan dicampur air, aduk hingga gula larut bersama air, lalu segera angkat dan saring agar tidak bercampur kotoran/serat-serat gula merah.
  3. Selanjutnya masaklah santan dicampur dengan garam dan daun pandan, aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga mendidih, segera angkat dan dinginkan.
  4. Penyajian : ambil beberapa gelas untuk menyajikan cendol, masukan tape singkong, potongan nangka dan cendol. Tuangkan santan ke dalam gelas, masukkan juga es batu dan terakhir tuangkan air gula/juruh ke dalam gelas dan sajikan saat dingin.

Nah seleseai sudah membuat es cendolnya, kini anda bisa meyegarkan badan anda yang panas dengan es cendol yang segar dan dingin. Bahan yang digunakan bisa dibuat untuk empat gelas cendol. Selamat mencoba dan berkreasi.

0 Response to "Resep Cara Membuat Es Cendol Legit Manis Segar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel