3 Resep Membuat Kue Macaron Enak Cantik Warna Warni

Kue macaron menjadi salah satu kue yang kini sedang banyak digemari, selain karena rasanya yang enak kue ini memiliki warna warni yang unik dan menarik. Ada 3 Resep aneka kue macaron yang bisa anda coba dengan menggunakan teknik simpel french merengue dan swiss merengue. Kue macaron dibuat dengan putih telur dan gula kastor, simple mudah dan praktis.

Cobain bikin kue macaron cake yuk cocok buat hadiah spesial buat keluarga dan orang orang tercinta. Untuk membuat kue macaron tidak terlalu sulit hanya saja memang butuh semangat agar kue panggang macarons yang kita buat bisa sesuai keinginan. Berikut 3 Resep Membuat Kue Macaron yang cantik simple mudah dan sederhana.


resep buat kue macaron enak


1. Resep Macaron Coklat Mint Sederhana
Ingin membuat kue macaron yang cantik dengan rasa yang legit manis coba resep coklat makaron ini. cara membuat macaron coklat ini sangat sederhana jadi bisa anda coba dengan mudah dirumah, namun hasilnya dijamin tetap enak dan menarik kok.

Bahan Macaron Coklat
Gula Tepung 130 gr
alomond bubuk 75 gr
coklat bubuk 14 gr
putih telur 50 gr

Filling Macaron
krim kental 12 gr
white coklat 45 gr
mint coklat 60 gr

Cara Membuat Macaron Coklat Mint Sederhana :

  • Campurkan almond bubuk dan coklat bubuk sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk, ayak. sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga berbuih, beri setengah gula sedikit demi sedikit sambil dikocok terus. Tambahkan sisa gula, kocok sampai kaku.
  • Masukkan campuran coklat bubuk dan almon kedalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit, aduk pelan.
  • Masukkan adonan kue macaron kedalam piping dengan ujung yang bulat. Semprotkan bulat diameter 3 - 4cm diatas loyang yang telah dialasi kertas roti, hentakan loyang sekali agar kue macaron berkaki. biarkan sampai kering dan tak lengket sekitar 1 jam.
  • Panaskan oven 150 C, panggang macaron sekitar 10-15 menit sampai kaki macaron muncul. Angkat dan dinginkan. Beri filling dan simpan dalam toples kedap udara.

3. Resep Kue Macaron Coklat Moka French Merengue
Macaron coklat moka ini dibuat dengan french teknik. Hasilnya sangat memuaskan enak dan menul menul, berikut ini resep selengkapnya.

resep membuat kue macaron

Bahan Kue Macaron Coklat Moka  French
gula halus 50 gr
icing sugar 200 gr
almond bubuk 50 gr
pasta moca 2 tetes
isi : hazelnut chocolate spread

Cara Membuat Macaron Coklat Moka French Merengue
  • Blender almond bubuk dan icing sugar sampai halus, ayak sisihkan.
  • Kocok putih telur sampai berbuih, masukkan kedalam gula halus sedikit demi sedikit sambil diaduk searah dengan spatula sampai soft peak. Tambahkan blenderan almond dan icing sugar, aduk pelan pelan jangan terlalu lama cukup 15-20 adukan saja sampai kental.
  • Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Masukkan adonan kue macaron kedalam plastik segitiga/piping bag, gunting bagian bawahnya, semprotkan diatas kertas roti. Diamkan beberapa saat sampai adonoan kue macaron mengering dan tak lengket dijari namun masih empuk.
  • Panaskan oven 150 C, panggan macaroon sekitar 20 menit atau sampai kering dan keluar kaki macaron. Angkat loyang. Setelah dingin, beri dengan aneka filling atau isi, Macaron siap dinikmati.

2. Kue Macaron Strawbery Pink Swiss Meringue
Kue macaroon umumnya dibuat dengan cara french meringue tapi Resep Kue Macaroon yang satu ini sedikit berbeda, hasilnya menurut saya juga bagus tak kalah dari Kue Macaroon French.

Bahan Kue Macaroon Swiss
almond bubuk 120 gr
gula halus 120 gr
icing sugar 120 gr
putih telur 2 butir
pasta strawbery secukupnya
pewarna pink secukupnya

Isi : Ganache Chocolate
Alat : Kertas roti, gambar bulat ukuran 3 cm

Cara Membuat Macaroon Swiss :
  • Campurkan icing sugar dengan almond bubuk, sampai tercampur rata dan halus lalu ayak.
  • Ditempat terpisah, campurkan gula haslus dengan putih telur. Lalu tim diatas panci sambil diaduk sampai gula larut. Jangan sampai mendidih, biarkan hangat, angkat.
  • Selanjutnya mixer adonan gula dan putih telur dengan kecepatan tinggi sampai kental, beri pasta stroberi dan pewarna pink, aduk sampai kaku. Tambahkan campuran almond dan icing ke dalam adonan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk searah dengan spatula sampai kental dan rata.
  • Masukkan adonan macaroon kedalam piping bag, potong ujungnya. Semprotkan adonan macaroon dengan posisi tegak, sambil sedikit ditekan hingga menutupi pola bulat yang ada dalam kertas roti. beri jarak 3 cm. Ketuk loyang bagian bawah dengan tangan supaya udara dalam adonan keluar.
  • Diamkan adonan kue macaron sampai permukaannya kering dan tidak menempel di jari.
  • Panaskan oven dengan suhu 150 C, panggang kue macaron selama 8-10 menit sampai matang dan kering, angkat, lepaskan kue macaron dari alasnya.
  • Beri isi lalu masukkan kedalam lemari es,

8 Tips Membuat Kue Macaron
  1. Almond jangan disimpan dikulkas dan Pastikan almond benar-benar halus dan kering supaya permukaan kue macaron hasilnya lebih cantik da menarik
  2. Pewarna kue macaron sebaiknya berbentuk pasta
  3. Cuaca sedikit berpengaruh kepada hasil lho, buat kue macaron pas lagi hari cerah aja, kalau mendung macaron biasanya gak naik karena udara lembab.
  4. waktu mengaduk sebaiknya dilakukan dengan gerakan memutar atau melipat untuk mempertahankan udara didalam adonan supaya tidak mudah mencair.
  5. Gunakan peralatan yang benar benar steril dari air, minyak dan juga lemak.
  6. Ini yang paling penting : Agar macaron berkakis Jika adonan masih lengket jangan sekali kali coba untuk dipanggang, halsilnya tidak akan berkaki malah bisa retak retak pada bagian atasnya. 
  7. Putih telur didiamkan seharian dikulkas sebelum digunakan, ketika mau digunakan biarkan dingin disuhu ruangan selama beberapa menit.
  8. Kegagalan biasaya karena waktu yang kurang efisien jadi sebaiknya persiapkan peralatan dan bahan terlebih dahulu agar waktu tidak terbuang sia - sia.
Demikan 3 resep membuat kue macaron yang enak dan cantik warna warni. Nikmati kue kue macaron ini saat santai bersama orang orang tercinta pasti makin asik. Selain macaron yang cantik dan lucu cobain juga resep cake kukus coklat yang dibuat tanpa putih telur rasanya enak dan lezat lho. Selamat mencoba

0 Response to "3 Resep Membuat Kue Macaron Enak Cantik Warna Warni"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel