Resep cara membuat nasi kuning spesial


Nasi kuning, salah satu warisan kuliner Indonesia yang khas dan berbeda dengan nasi biasanya. Nasi kuning, sesuai dengan namanya merupakan nasi yang berwarna kuning dengan menggunakan pewarna makanan alami yakni kunyit. Selain warnanya yang berbeda dengan nasi biasanya adalah rasa yang gurih serta aroma yang harum. Nasi kuning tidak hanya menjadi makanan saja, namun memiliki makna simbolis. Nasi berwarna kuning di sini dianggap melambangkan emas sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran, dan kekayaan. Oleh karena itu seringkali ketika seseorang sedang berbahagia baik berulang tahun, peresmian, pesta pernikahan, ataupun upacara pembukaan, kehadiran nasi kuning tak pernah ketinggalan.

Nasi kuning tidak hanya berasal dari satu daerah saja karena memang nasi kuning sudah tersebar seantero nusantara. Namun meski demikian, orang-orang mengenal nasi kuning sebagai makanan khas Jawa. Penyajiannya dari nasi kuning pun beragam, tidak hanya disajikan seperti nasi biasanya. Yang paling biasa adalah dengan membentuknya dengan bentuk cone atau biasa disebut dengan tumpeng. Untuk membentuknya menjadi cone, Anda bisa menggunakan cetakan tumpeng atau membuatnya sendiri. Kini cetakan tumpeng sudah bervariasi, tidak lagi berbentuk kerucut. Ada pula yang berbentuk seperti kue ulang tahun, kotak bertumpuk atau bulat bertumpuk. Ada juga yang bentuk love.
Selain disajikan dalam berbagai bentuk, ada pula hidangan lain yang senantiasa melengkapi nasi kuning ini yakni ; mie goreng, tempe kering, perkedel, telur dadar iris, sambal goreng, ayam kecap, urap-urap, dan tidak lupa juga kerupuknya. Karena bahan pelengkapnya dan cara pembuatan yang sepertinya ribet ini, banyak orang yang kemudian memilih untuk membeli nasi kuning saja. Padahal sebenarnya pembuatan nasi kuning beserta lauk pauknya tidaklah susah. Anda bisa membuat sendiri dan mengkreasikan bentuk penyajian nasi kuning dan juga lauk pauk apa saja yang hendak dijadikan pelengkap. Langsung saja simak resep dan cara membuat nasi kuning di bawah ini.

Bahan :
  • Beras 1kg
  • Santan 900 ml
  • Kelapa tua 1 buah
  • Kunyit 5 cm
  • Serai 2 batang
  • daun salam 4 lembar
  • Jahe 5 cm
  • Lengkuas 2 cm
  • Bawang merah 5 buah
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 4 sdt


Cara membuat :
  1. Cuci hingga bersih beras kemudian rendam beras dalam air bersih.
  2. Haluskan bumbu yakni kunyit,,jahe, lengkuas, bawang merah, dan garam.
  3. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan dalam santan dan aduk hingga rata.
  4. Masak santan hingga mendidih.
  5. Buang air rendaman beras kemudian tuang santan ke beras dengan disaring.
  6. Masukkan dan salam dan serai. Rebus beras dengan api kecil. Selama direbus aduk terus hingga air menyusut dan beras hampir menjadi nasi. Kira-kira tingkat kematangan sudah mencapai .
  7. Ambil daun salam dan serai dari dalam beras yang hampir matang.
  8. Siapkan panci untuk mengukus, rebus airnya dulu.
  9. Masukkan nasi ke dalam panci pengukus.
  10. Tambahkan daun pandan.
  11. Kukus nasi hingga benar-benar matang atau istilahnya tanak.

Jika ingin membentuk nasi, tunggu dulu hingga dingin. Biarkan nasi dingin dengan memakai suhu ruangan.
Untuk membentuknya menjadi tumpeng, Anda bisa membentuknya sendiri atau dengan menggunakan cetakan tumpeng.
Berikut tips dan cara membuat nasi kuning di rice cooker atau magic com.
Pilihlah jenis beras yang baik atau sebaiknya menggunakan beras pulen.
Cuci beras dan rendam terlebih dahulu agar lebih cepat matang.
Perhatikan dengan cermat takaran beras dan jumlah air atau santan bumbu.
Saat beras sudah dimasukkan di rice cooker, baru masukkan bumbu halus. Sebelum dimasukkan, larutkan bumbu halus dulu dengan air secukupnya.
Tambahkan daun pandan, daun salam, dan serai.
Tekan tombol cook. Pastikan rice cooker tertutup rapat.
Segera setelah nasi sudah matang, aduk nasi agar nasi tidak menggumpal.
Dalam menyajikan nasi kuning ini, beda dengan menyajikan nasi biasanya. Tidak hanya ditaruh di tempat nasi biasa saja, namun dihidangkan dengan cara dihias. Bahkan Anda bisa membuat replika kue ulang tahun menggunakan nasi kuning. Itu semua tergantung pada kreativitas Anda. Ada juga panduan cara membuat hiasan tumpeng nasi kuning.
Langkah dan cara membuat hiasan tumpeng nasi kuning :
  1. Sediakan tempeh bambu sebagai alas tumpeng. Alasi tempeh dengan daun pisang. Kemudian untuk pinggirannya, buatlah segitiga lancip menggunakan daun pisang.
  2. Hiasi sekeliling dengan menggunakan kacang panjang.
  3. Nasi kuning yang sudah dibentuk sesuai dengan keinginan taruh di tengah-tengah tempeh.
  4. Berikutnya, taruh lauk di sekitarnya. Bisa ditata dengan melingkari nasi.
  5. Hiasan bunga mawar. Cara ini cukup menguras konsentrasi Anda. Caranya adalah dengan menguliti kulit tomat secara hati-hati dan melingkar. Jangan sampai putus. Kemudian bentuk kulit yang sudah dipotong hati-hati itu membentuk bunga mawar. Taruh hiasan pada tempat yang menurut Anda akan mempercantik tampilannya.
  6. Hiasan bunga aster. Anda bisa membuat bunga aster ini dengan menggunakan lombok merah atau tomat. Iris lombok merah seperti membuat gurita.
  7. Anda bisa menggunakan imajinasi Anda untuk menciptakan hiasan yang indah dan dapat mempercantik tampilan nasi kuning yang Anda buat.



0 Response to "Resep cara membuat nasi kuning spesial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel