Resep Nugget Pisang

Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang

Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang, terus terang saya belum berani mengeksekusinya karena belum pernah melihat penampakan makanan ini secara langsung. Walau belum pernah tapi sebenarnya saya sudah memiliki gambaran akan bentuk dan rasanya. Bernama nugget maka pasti tampilannya tidak jauh-jauh dari nugget ayam, dan karena ini pisang maka pastilah terbuat dari pisang yang dilumatkan. Gambaran tersebut mengingatkan saya akan bingka pisang, jenis kue yang pernah  dicoba dahulu kala.

Rasa penasaran akan makanan ini membuat saya iseng berteriak dari meja, "Ada yang sudah pernah makan nugget pisang belum?" Jawaban langsung datang seketika. "Sudah! Biasalah, adonan pisang dikasih tepung panir dan digoreng. Dekat rumah ada yang jual," kata Mba Ade. "Biasa saja rasanya, nggak oke-oke banget. Aku nggak terlalu suka. Ada yang jual pakai topping macam-macam, keju atau coklat," jawab Mba Ani. Saya manggut-manggut dan semakin yakin dengan bayangan di benak. 


Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang
Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Minggu lalu, Pak Freddy, salah satu direktur di kantor, membawa sekotak nugget pisang. Beliau membelinya dari gerai nugget pisang yang baru dibuka di Mal Ambassador. Bayangan saya akan makanan ini sama sekali tidak meleset. Nugget pisang berbentuk potongan adonan pisang yang dilumuri dengan breadcrumbs dan digoreng. Potongannya tipis, ukurannya kecil-kecil dan rasanya tidaklah terlalu istimewa. Walau namanya mengandung kata pisang, namun saya sulit menemukan potongan buah ini didalamnya. Berbekal rasa kecewa dan ingin menghadirkan nugget pisang versi yang lebih sedap, weekend lalu saya pun mencobanya sendiri di rumah. Saya akui versi buatan sendiri lebih sedap!

Beruntungnya saya yang tinggal di dekat pasar, pisang selalu tersedia setiap hari dan harganya murah. Seorang penjual pisang yang mangkal didekat parkiran bajaj kerap mengobral pisang afkiran yang sudah terlalu matang atau kurang memiliki bentuk cantik. Pisang-pisang afkiran ini dikelompokkan tersendiri dalam satu gunungan dan setiap kali perlu untuk membuat aneka kue dari bahan pisang maka saya selalu membelinya. Bagi saya, tampilan pisang bukan menjadi masalah besar, toh buah tersebut tidak akan disantap segar. Berbekal uang sepuluh ribu rupiah, saya sudah mendapatkan sekantung plastik besar pisang ambon yang sedap. Terkadang saking banyaknya, sebagian besar pisang saya kupas dan bekukan di freezer.  Pisang beku walau sudah tidak oke lagi untuk dimakan segar namun tetap sedap sebagai smoothie, bahan kue atau es krim pisang. 


Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang
Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang

Sebagaimana penjelasan saya di paragraf awal, maka pisang nugget sebenarnya mirip-mirip bingka pisang, jadi saya melakukan modifikasi dari resep sebelumnya. Bedanya jika bingka pisang dipanggang di oven maka adonan pisang nugget saya kukus sebentar diatas kompor. Apakah adonan pisang nugget ini bisa dipanggang dan menjadi bingka pisang? Yep, tentu saja bisa. Terus terang saya penggemar berat bingka pisang, aroma pisang menjadi lebih nendang tatkala adonan dipanggang.  Agar rasa nugget lebih spesial, saya menambahkan susu kental manis (skip jika dirasa merepotkan) dan keju cheddar parut. Porsi keju disesuaikan dengan selera ya, jika ingin rasa nugget pisang yang lebih cheesy maka tambahkan porsi keju parutnya. 

Proses membuat adonan hanya diaduk-aduk saja, saran saya jangan melumatkan pisang sampai benar-benar hancur. Sedikit potongan kecil akan membuat adonan menjadi lebih cantik. Adonan kemudian dimasukkan ke dalam loyang dan dikukus hingga keras dan matang. Nah agar nugget tidak hancur kala dipotong-potong maka diamkan hingga benar-benar dingin. Tekstur nugget padat tapi tidak lembek, jadi jika anda menginginkan nugget pisang yang lebih lunak maka tambahkan porsi pisang dan susu cair, atau jika menginginkan tekstur yang lebih keras maka tambahkan porsi tepung terigu. 


Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang
Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang

Sebagaimana membuat chicken nugget umumnya, maka potongan nugget perlu dilumuri dengan telur kocok. Nah agar lebih menghemat telur dan mengurangi rasa amis saya menambahkan susu cair ke dalam kocokan telur, skip susu jika dirasa terlalu ribet. Nugget pisang kemudian digulingkan ke tepung panir atau breadcrumbs, saya lebih suka breadcrumbs karena butirannya yang kasar membuat nugget lebih crispy ketika digoreng. Tidak ada breadcrumbs atau tepung panir? Gunakan biskuit keju atau crackers keju yang dihancurkan sebagai penggantinya.

Apakah bisa menambahkan bahan lain didalam adonan? Yep, tentu saja bisa. Mungkin choco chips, potongan DCC, atau kismis bisa menjadi alternatif lainnya selain keju parut. Jadi gunakan bahan apapun yang ada dipantry anda saat itu, selama itu cocok. 😃


Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang

Nugget pisang kini hadir dengan aneka macam ragam topping, seperti keju parut, serutan coklat, mayonnaise, taburan kacang tanah yang dihancurkan. Versi yang saya suka hanyalah keju parut dan susu kental manis, sama seperti topping kegemaran untuk pisang bakar. Makanan ini paling sedap disantap kala masih hangat, saat itu keju parut menjadi lumer dan kolaborasi dengan susu kental manis memberikan rasa yang mantap!

Berikut resep dan prosesnya ya.


Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang

Nugget Pisang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk sekitar 25 potong pisang nugget

Tertarik dengan resep pisang lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Bolu Pisang Coklat Super Pisang
Pisang Goreng Pasir 

Donat Pisang

Bahan:
- 400 gram pisang, saya pakai pisang ambon, bisa pakai pisang apapun yang matang
- 1/2 sendok teh garam
- 50 ml susu kental manis 
- 1 sendok teh vanilla extract (atau 1/4 sendok teh bubuk vanili)
- 150 gram gula pasir
- 2 butir telur, kocok lepas 
- 170 gram tepung terigu serba guna
- 300 ml susu cair
- 50 gram keju cheddar parut

Bahan pelapis:
- 1 butir telur + 50 ml susu cair, kocok hingga rata
- breadcrumbs untuk menggoreng

Cara membuat:


Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang

Siapkan loyang, diamater 20 cm. Olesi loyang dengan carlo (campuran 1 sdm tepung terigu + 1 sdm minyak + 1 sdm margarin). Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan pisang, garam, susu kental manis, vanilla extract dan gula pasir, hancurkan dengan garpu hingga lumat. Tambahkan telur, aduk rata. 

Tambahkan tepung terigu dan susu cair secara bergantian sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk dengan spatula hingga rata. 

Sudah banyak sekali pembaca JTT menanyakan mengenai resep nugget pisang Resep Nugget Pisang

Tuangkan adonan ke dalam loyang. Kukus selama 25 - 30 menit hingga adonan keras dan matang. Keluarkan dari kukusan, biarkan hingga dingin, balikkan nugget ke sebuah talenan dan potong-potong sesuai selera.

Masukkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, lumuri dengan breadcrumbs dan goreng di minyak panas yang cukup banyak hingga permukaannya kuning kecoklatan. Gunakan  api sedang saat menggoreng. Angkat dan tiriskan.

Sajikan nugget pisang dengan taburan keju cheddar parut dan susu kental manis. Yummy!

0 Response to "Resep Nugget Pisang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel