Opor Ayam Pedas

Resep Dodol Pepaya - Menu spesial yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita, pasalnya makanan tersebut sering kita jumpai disaat waktu menjelang lebaran. Untuk bahan yang digunakan pun sangat gampang untuk di cari, contoh saja seperti bahan utama pepaya banyak kita jumpai dilingkungan tempat tinggal kita maupun bunda bisa mencarinya di pasar.

Perlu diketahui untuk resep yang akan kami bagikan cara membuat dodol pepaya, bahan utama yang harus anda persiapkan yaitu dengan menggunakan pepaya Sedangkan untuk cara membuatnya yaitu terbilang cukup gampang tapi bunda dalam pengolahannya harus berja ekstra keras dikarenakan keringat pasti akan keluar kepanasan dalam proses pengolahannya.

Untuk itu silahkan simak dengan baik bahan yang harus dipersiapkan dan juga penjelasan tentang tata cara pembuatannya sebagai berikut.




Bahan-bahan
  1. 1/2 kg Ayam (saya pakai Dada ayam, boleh yang lain) 
  2. 1 balok tahu (di potong kotak-kotak dan digoreng terlebih dahulu 
  3. 7 pcs Cabe merah kriting 
  4. 15 pcs Cabe rawit 
  5. 4 biji kemiri (di sangrai terlebih dahulu) 
  6. 1/2 sdt biji jinten 
  7. 1 cm lengkuas (geprek) 
  8. 1 cm jahe (geprek) 
  9. 1 sdt merica bubuk 
  10. 1 sdt ketumbar bubuk (saya adanya bubuk) 
  11. 4 pack santan instan (saya pakai kara) 
  12. 3 lbr daun jeruk 
  13. 3 lbr daun salam 
  14. 1 btg sereh (geprek) 
  15. 500 ml air 
  16. secukupnya garam 
  17. secukupnya gula 
  18. Penyedap rasa 
  19. Bawang goreng (sesuai selera)

Langkah

  1. Bersihkan ayam sampai bersih dan rendam ayam selama 10 menit dengan garam dan jeruk nipis (menghilangkan bau amis). setelah 10 menit, ganti air untuk merebus dan rebus ayam sampe empuk dengan dikasih garam.
  2. Uleg bumbu halus, bawang merah, bawang putih, cabe kriting, cabe rawit, lengkuas, kemiri, jahe, garam, merica, ketumbar, jinten. uleg bumbu halus (karena saya lebih suka uleg, kalau blender kurang sedap, hehe 😝) selera sieh sebenarnya.
  3.  Setelah bumbu halus, tumis bumbu disamakan dengan sereh, daun salam, daun jeruk sampai harum.
  4. Sambil menunggu bumbu sampai harum, panas air dan campurkan air kaldu rebusan ayam serta ayamnya. rebus sampai agak mendidih. Campurkan bumbu yg td di tumis.
  5. Bila sudah mendidih, kecilkan api. masukan santan kara ke dalam panci dan aduk-aduk. santan jangan sampai pecah. Masukkan penyedap rasa.
  6. Setelah masukkan santan, masak dengan api kecil sampai mendidih. dan makanan siap dihidangkan. Rasanya maknyus

Demikianlah tips cara membuat dodol pepaya yang bisa kami berikan, silahkan untuk dicoba, sangat mudah bukan untuk proses pembuatannya. Semoga pembahasan diatas dapat berguna untuk bunda dan jika bunda menginginkan resep lainnya. Silahkan kunjungi laman yang sudah disediakan di situs kami untuk mengetahui resep masakan lainnya.

0 Response to "Opor Ayam Pedas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel