Resep Kering Tempe Sederhana Gurih Nikmat

Menu Internasional - Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang sangat digemari hampir di seluruh kepulauan Nusantara. Tempe bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang sangat nikmat. Salah satu makanan hasil olahan tempe akan kami berikan dalam resep kering tempe sederhana. Para penggemar masakan tradisional pasti sudah bisa membuat kering tempe yang lebih nikmat dari resep yang kami bagikan kali ini. Namun bagi sahabat menu yang saat ini sedang belajar memasak pasti akan sangat kebingungan bagaimana cara membuat kering tempe yang nikmat dan gurih itu. Semua bisa anda baca pada resep yang akan kami berikan nanti.

Kering tempe merupakan makanan pelengkap untuk santapan, seperti hal nya lauk. Kering tempe memiliki tekstur yang kering dan gurih, rasa dari kering tempe sendiri bisa dikreasikan sendiri. Bagi pecinta rasa manis anda bisa membuat kering tempe manis, bagi yang suka pedas bisa juga membuat kering tempe pedas, sedangkan yang ingin perpaduan rasa keduanya bisa membuat kering tempe manis pedas. Kering tempe merupakan makanan tradisional khas Jawa yang kini sudah banyak dikenal di seluruh Nusantara. Tempe sebagai bahan makanan juga bisa dibuat menjadi sambal, lihat di resep sambal goreng tempe.

Resep Kering Tempe Sederhana Gurih Nikmat

Kering tempe yang banyak dikenal di daerah Jawa Tengah juga dikenal di Jawa Barat dengan sebutan lain. Biasanya di daerah Jawa Barat orang menyebut kering tempe dengan sebutan orek tempe. Sama saja hanya beda penyebutan saja, dan rasanya juga sama, teksturnya juga tidak berbeda. Itulah kehebatan tempe sebagai bahan makanan murah namun memberikan kenikmatan yang tiada duanya. Namun dari sekian banyak olahan tempe beserta kenikmatan nya, satu hal yang tidak bleh dilupakan adalah tempe merupakan sumber protein yang tinggi dengan harga murah. Jadi jika tempe saja bisa memuaskan kenapa harus beli yang mahal dan belum tentu sesuai selera.

Nah itulah sekelumit cerita tentang tempe dan olahnya, dan kini saatnya kami memberikan resep makanan kering tempe sederhana untuk anda. Resep yang kami bagikan kali ini adalah resep kering tempe yang manis pedas. Selamat mencoba resep berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram tempe
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 50 ml air
  • 1 sendok makan air asam
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 5 cm serai (dimemarkan)
  • 2 sendok makan gula merah (sisir halus)
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram kacang tanah (digoreng)
  • 4 buah cabai merah (rajang sering tipis)
  • 3 sendok makan bawang goreng

Bumbu yang dihaluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm lengkuas

Cara membuatnya :
  1. Siapkan tempe, lalu iris-iris tipis tempe tersebut, kemudian jemur tempe hingga agak kering. Goreng garing tempe yang sudah dijemur menggunakan api sedang, lalu angkat dan tiriskan, lalu sisihkan dahulu.
  2. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium aroma harum, selanjutnya masukkan air, air asam, daun jeruk, daun salam, gula merah, serai dan garam. Aduk-aduk hingga air mengental.
  3. Masukkan tempe, kacang tanah goreng serta irisan cabai merah ke dalam campuran bumbu tersebut, aduk-aduk dengan cepat hingga bumbu merata. Masukkan bawang goreng, aduk lagi sebentar kemudian angkat.

Kering tempe atau orek tempe sudah selesai kami bagikan resepnya, semua bahan untuk resep di atas bisa disajikan untuk empat porsi makan. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

0 Response to "Resep Kering Tempe Sederhana Gurih Nikmat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel