Resep Cara Membuat Kue Talam Asli Lembut Manis

Menu Internasional - Anda mengenal kue lapis yang sudah menjadi ikon kuliner Nusantara? Terbuat dari tepung beras yang kemudian dibuat berlapis dengan dua atau tiga warna. Sama dengan yang akan kami bagikan kali ini adalah sejenis kue lapis, ya resep kue talam asli adalah resep yang akan kami bagikan untuk menambah koleksi resep anda sekaligus membagikan resep leluhur. Seperti pengantar pada awal artikel tadi kam menanyakan tentang kue lapis, kue talam adalah sejenis kue lapis dengan bentuk dan penampilan fisik yang menarik. Tidak seperti kue lapis yang lain, kue lapis talam ini menggunakan cetakan seperti mangkuk kecil yang membuatnya unik. Namun tidak hanya bentuk yang unik saja, bentuk unik tersebut dipadukan dengan warna yang menawan.

Dari perpaduan warna dan bentuk yang unik ternyata masih belum bisa menarik minat orang untuk mencobanya. Salah satu penambah yang membuat mampu menarik orang untuk menyantapnya tentu saja adalah rasa. Dengan tekstur kue yang lembut, manis dan gurih semakin membuat kue tradisional yang satu ini menjadi primadona kuliner Nusantara. Tak banyak orang yang bisa menikmatinya karena kue ini sudah jarang di temui, apalagi di kota-kota besar. Bahkan kue yang juga masih sepupu dengan kue talam juga sudah jarang di temukan. Lihat juga resep kue lapis merah putih khas Surabaya.

Namun jangan pernah merasa kecewa hanya karena tidak bisa membeli kue yang enak ini. Selama kami masih mau membuatkan resep untuk anda, anda masih bisa makan enak kapan saja. Karena meskipun anda banyak uang, kalau tidak bisa membuatnya anda tetap tidak bisa menikmati apa-apa. Untuk itu silahkan anda simak dan coba resep yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Talam Asli Lembut Manis

Bahan-bahan :

Adonan warna hijau :
  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung kanji
  • 350 gram gula pasir
  • 750 ml santan kelapa
  • Pewarna hijau makanan (secukupnya saja)
  • 3 daun pandan

Adonan gula merah :
  • 300 gram gula merah (sisir tipis)
  • 3 lembar daun pandan (sobek-sobek)
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 ml air panas
  • 100 gram tepung kanji

Cara membuatnya :
  1. Masak terlebih dahulu santan kelapa dengan campuran pewarna hijau, gula pasir, garam dan daun pandan, lalu angkat. Tuangkan resbusan santan tersebut ke dalam campuran tepung beras dan tepug kanji, aduk-aduk hingga merata dan adonan licin. Lalu tuangkan adonan ke dalam cetakan kue mangkuk hingga 1/4 cetakan saja, kukus adonan tersebut selama 25 menit hingga matang.
  2. Selanjutnya membuat adonan warna merah, masak santan bersama gula merah, garam dan daun pandan hingga mendidih, lalu saring dan sisihkan dahulu. Campurkan tepung beras dan air panas, lalu aduk-aduk hingga rata. Tuangkan adonan tepung beras tadi ke dalam larutan gula merah, lalu tambahkan tepung kanji dan aduk-aduk hingga merata. Tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan di atas talam hijau. Kemudian kukus lagi dalam waktu 25 menit hingga adonana matang, lalu angkat.

Nah kue talam sudah jadi dan anda sudah bisa menikmati kue talam yang sudah dingin. Bahan yang digunakan untukmembuat kue talam ini menghasikan sebanyak 30 buah kue. Selamat mencobda dan tetap berkreasi.

0 Response to "Resep Cara Membuat Kue Talam Asli Lembut Manis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel