Resep Cara Membuat Nasi Goreng Jawa Sederhana

Menu Internasional - Anda pernah mencicipi masakan nasi goreng? Ya sudah barang tentu hampir semua orang di Nusantara ini pernah menikmati hidangan nasi goreng nan nikmat dan lezat. Nah di antara beragam nama yang disandang dibelakang kata nasi goreng, salah satu yang juga mampu menarik perhatian para penikmat kuliner adalah nasi goreng Jawa. Nah pada artikel kali ini, kami akan memberikan resep nasi goreng Jawa. Untuk membuat hidangan nikmat yang satu ini berbeda dengan nasi goreng yang lain. Nasi goreng yang satu ini lebih  mudah dan simpel baik dari bahan maupun cara pembuatannya. Berbeda dengan nasi goreng yang lain seperti misalnya resep nasi goreng spesial yang beberapa waktu lalu kami bagikan.

Nasi goreng Jawa yang akan kami bagikan resepnya kali ini memang mudah dan simpel, karena bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat nasi goreng ini hanya sedikit. Umumnya orang Jawa membuat nasi goreng dari sisa nasi yang masih layak untuk di olah menjadi makanan yang nikmat. Misalnya sisa nasi yang dimasak sore atau malam, digoreng esok paginya. Biasanya nasi goreng ini dinikmati sebagai makanan untuk sarapan di pagi hari. Seperti dulu saya sering dibuatkan nasi goreng sebelum berangkat ke sekolah. Dan katanya efeknya membuat yang menikmati menjadi ngantuk.

Namun terlepas dari semua itu nasi goreng yang simpel dan mudah dibuat ini memiliki rasa yang sangat nikmat, apalagi buat sarapan, urusan nanti menjadi mengantuk atau tidak tergantung yang makan juga. Kalau saya pribadi mau makan apa saja kalau memang ngantuk ya ngantuk, kalau pas lagi semangat juga tidak merasa ngantuk. Nah untuk itu dari pada anda keburu mengantuk karena membaca tulisan ini, segera saja anda ikuti resep nasi goreng Jawa yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Nasi Goreng Jawa Sederhana

Bahan-bahan :
  • 3 porsi nasi putih (sebaiknya nasi pera)
  • 50 gram teri medan (rendam dulu dalam air matang)
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 batang daun bawang (rajang halus)
  • 4 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 4 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh terasi bakar
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa (hanya jika suka)

Cara membuatnya :
  1. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, lalu goreng teri medang yang sudah direndam sebelumnya, lalu angkat dan sisihkan teri tersebut.
  2. Tuangkan sisa minyak ayang ada ke dalam wajan yang sebelumnya digunakan untuk menggoreng teri, lalu panaskan lagi. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan beserta dengan daun bawang hingga matang. Selanjutnya masukkan nasi putih, kemudian beri kecap manis, aduk-aduk hingga rata. Masukkan teri goreng, kemudian aduk-aduk lagi hingga bumbu meresap dan tercampur sempurna, segera angkat.
  3. Sajikan nasi goreng Jawa selagi panas, bisa ditambah dengan acara segar dan juga kerupuk udang agar lebih nikmat.

Nah demikianlah resep nasi goreng Jawa yang kami berikan untuk anda. Semoga resep yang kami sajikan kali ini mampu memberikan pelajaran dan menambah pengalaman anda dalam memasak, semoga sesuai selera. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

0 Response to "Resep Cara Membuat Nasi Goreng Jawa Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel