12+ Aneka Resep Masakan Ikan Paling Lezat Lengkap

Ingin Masak Ikan untuk keluarga, tak usah pusing memikirkan menu masakan harian hari ini.  Indonesia memang memiliki banyak jenis ikan jadi tak ada banyak resep ikan lezat yang bisa anda coba mulai dari masakan ikan pedas gurih, nuget ikan yang crispy, resep ikan pedas manis, ikan layang dengan bumbu balado, ikan asam padeh, resep pindang ikan, sop ikan patin. Selain lezat ikan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi, jadi baik untuk dikonsumsi. Aneka masakan ikan ini bisa dijadikan lauk pauk untuk menemani santapan makan kita.

Berikut ini ada banyak aneka masakan berbahan dasar ikan yang bisa menjadi inspirasi anda untuk membuat hidangan spesial yang diolah dari ikan. yuk langsun saja kita cobain resep resep ikan berikut ini, cara memasaknya juga mudah dan sangat cepat sekali. Ikan yang ada diresep bisa kita ganti dengan jenis ikan sesuai selera kita seperti ikan gurame, ikan kembung, ikan kakap, ikan patin atau ikan air laut seperti ikan tongkol, ikan tuna, ikan layang atau bandeng juga bisa tak ada masalah kok, Berikut Resep Aneka Masakan Ikan Lezat :


resep aneka masakan dari ikan


1.Resep Ikan Layang Bumbu Balado
Resep Masakan ikan yang satu ini cukup mudah sederhana dan simple. Bagi kamu yang ingin memasak ikan layang dengan cita rasa pedas bisa cobain Resep ikan layang balado yang super lezat. Berikut resep membuat ikan layang bumbu balado.

Bahan Masakan Ikan Layang Balado
ikan layang 1 kg
jeruk nipis 3 buah
garam secukupnya

Bumbu Ikan Balado :
bawang putih 4 siung
bawang merah 8 siung
cabe keriting 2 ons
tomat 1 buah

Cara Membuat Ikan Layang Balado :
1. Cuci bersih ikan, lumuri garam dan jeruk nipis, biarkan meresap. lalu goreng kering dan dinginkan.
Tumis bumbu ikan balado yang telah dihaluskan, beri garam dan perasan jeruk nipis, masak sampai beraroma harum, kecilkan api.
2. Masukan ikan layang, aduk rata. Angkat dan siap untuk disantap

cara membuat masakan dari ikan

2. Resep Ikan Patin Pedas Enak
Ikan patin memang terkenal dengan dagingnya yang enak dan lezat serta mudah diolah. Salah satu cara memasak ikan patin yang paling saya suka adalah ikan patin dengan bumbu pedas, Masakan ikan patin pedas ini selalu menjadi sajian istimewa untuk keluarga dirumah.

Bahan Masak Ikan Patin Pedas
1/2 kg ikan layang,
Garam
Ketumbar
kunyit
jeruk nipis

Bumbu Ikan Patin Pedas:
6 butir bawang merah, iris tipis
3 sendok makan miyak untuk menumis
3 lembar daun salam, sobek kasar
3 butir bawang putih, cincang halus
2 ruas lengkuas, pipihkan
2 ruas jahe, pipihkan
2 buah tomat merah, potong dadu (tomat hijau juga enak)
10 butir cabai rawit, iris kasar
1/2 sendok kaldu bubuk
1 sendok teh kecap manis
1 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh gula pasir
air secukupnya

Cara membuat Ikan Patin Pedas
1. Bersihkan ikan, cuci bersih lumuri dengan jeruk nipis, bumbui dengan ketumbar, kunyit dan garam, goreng hingga matang.
2. Tumis semua bumbu ikan patin sampai harum, tambahkan air, gula, kaldu bubuk dan garam.


3. Resep Nuget Ikan Tuna Crispy Sederhana
Ikan Tuna bisa kita olah menjadi menu masakan untuk keluarga yang enak dengan cara yang mudah dan sederhana. Salah satunya adalah membuat nuget ikan tuna, dijamin crispy dan lezat. Berikut resep membuat nugget ikan tuna yang enak. Nugget ikan ini bisa kita jadikan lauk pauk yang enak disantap dengan nasi dan aneka tumisan yang lezat.

Bahan Nuget Ikan Tuna Sederhana
Ikan Tuna giling
tepung beras
tepung roti
telur 2 buah ( 1 buah untuk melumuri ikan
bawang bombay ( poton dadu )
bawang putih ( cincang halus )
lada
garam
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat Nuget Ikan Tuna
1. Campurkan ikan, tepung beras, bawang dan lada sampai rata lalu kukus sekitar 30 menit. lalu Potong daging ikan tuna yang telah dikukus sesuai selera.
2. Celupkan potongan nuget ke dalam kocokan telur, lalu lumuri dengan tepung roti.
3. Selanjutnya goreng nugget ikan tuna dengan minyak panas sampai matang kecokelatan. Nuget ikan tuna siap dinikmati dengan saus sambal.

4. Resep Pecak Ikan Mujair Bakar Enak
Pecak ikan merupakan kombinasi sambal pecak dan ikan. Pecak ikan bisa kita buat dari jenis ikan air tawar seperti pecak ikan mujair, pecak lele, pecak ikan mas, pecak ikan gurame, pecak ikan bawal atau pecak ikan bandeng pun lezat kok. Nah bagi anda yang bingung mau memasak ikan dengan cara apa, cobalah resep pecak ikan lezat berikut ini, ikan mujair bakar juga bisa diganti dengan mujair goreng.

bahan pecak ikan mujair Bakar
Ikan mujair 500 gr ( bersihkan, cuci bersih)

Bumbu Pecak
cabe rawit 11 buah
bawang merah 4 siung
jahe 1 cm
kemiri 2 buah
Daging salak mentang 1 buah
air jeruk nipis secukupnya
gula pasir secukupnya
garam secukupnya
cuka secukupnya

Cara Masak Pecak Ikan Mujair
1. Membuat Sambal Pecak : Uleg semua bahan bumbu pecak sampai halus. Sisihkan.
2. Bakar ikan mujair diatas api, sambil dibolak balik sampai matang.
3. Lumuri Ikan mujair bakar dengan sambal pecak, sajikan.


5. Resep Pindang Ikan Baung Khas Nusantara
Pindang ikan pasti sudah banyak yang kenal, umunya yang biasa kita buat adalah pindang ikan nila, resep masakan pindang tongkol, pindang ikan tenggiri, pindang ikan mujair, cara membuat ikan pindang patin, atau pindang ikan patin,  tapi kalau pindang ikan baung hoho... belum semuanya tahu. Pindang ikan baung ini merupakan salah satu kuliner lezat khas lampung ada juga yang menyebutnya dengan pindang ikan meranjat. pindang ikan baung khas lampung ini disajikan dengan kuah asam yang bercita rasa khas, anda wajib mencoba resep pindang ikan yang istimewa ini.

Bahan Pindang Ikan Baung Istimewa
1 kg ikan baung, siangi, cuci bersih, potong sesuai selera
1 buah nanas matang, potong-potong kecil
2 batang daun serai, digeprek
2 batang daun bawang, iris tipis
2 ikat daun kemangi, siangi daunnya
Asam jawa
Gula merah secukupnya
jeruk nipis
Garam
Air

Bumbu Pindang Ikan Baung
cabe keriting 10 buah
bawang putih 4 siung
bawang merah 6 siung
jahe 2 ruas
laos 2 ruas
kunyit 2 ruas
kemiri 2 buah

Cara Membuat Pindang Ikan Baung
1. Lumuri ikan baung yang telah dicuci bersih dengan jeruk nipis, sisihkan.
2. Rebus air sampai mendidiih, Haluskan semua bumbu pindang ikan baung lalu masukkan kedalam air tanpa ditumis, tambahkan asam jawa, gula merah, dan daun serai. Aduk sebentar lalu masukkan ikan baung, masak hingga bumbu meresap dan ikan matang.
3. Tambahkan garam, cicipi rasanya. JIka sudah pas dan matang masukkan nanas, daun kemangi, nanas, dan daun bawang, masak lagi selama 3 menit. Angkat dan sajikan.


6. Resep Pepes Ikan Nila Enak dan Praktis
pepes ikan bisa menjadi salah satu alternatif menu masakan keluarga, resep pepes ikan nila ini cukup mudah untuk kita buat dan gampang. Rasanya memang enak jadi tak akan mudah bosan kalau pun kita masak setiap hari. Ikan nila bisa kita ganti dengan ikan bandeng, ikan bandeng atau ikan mas juga bisa. Berikut resep masak pepes ikan nila yang enak dan lezat.

Bahan dan Bumbu Pepes Ikan Nila
ikan nila  1/2 kg
10 bawang merah
6 bawang putih
5 kemiri
3 serai dipotong ukuran kecil
15 cabe merah keriting
2 ruas jahe
3 ruas kunyit
3 ikat kemangi
daun salam
daun pisang

Cara Membuat Pepes Ikan Nila :
Haluskan bawang, kemiri, cabe, kunyit dan jahe lalu tumis hingga harum dan matang. Angkat.
Lumuri ikan nila dengan bumbu, beri serai yang telah dipotong, daun salam dan daun kemangi, bungkus dengan daun pisang.
Kukus hingga matang dan duri menjadi lebih empuk sekitar 3,5 jam dengan api sedang. Bisa langsung dinikmati tapi agar lebih mantan bisa dibakar sebentar terlebih dahulu. Sajikan.


7. Resep Bakso Ikan Gabus Kenyal
Bakso ikan bisa kita buat dari bakso ikan tenggiri, ikan tuna, ikan tongkol, ikan gabus maupun ikan tenggiri. Jenis jenis ikan tersebut menurut saya yang paling enak kalau dibuat bakso karena tektur daging ikannya yang lembut dibanding jenis ikan lainnya terutama jenis ikan tenggiri. Resep kali ini memakai jenis ikan gabus, Langsung saja yuk kita cobain resep bakso gabus.

resep bakso ikan ini juga bisa untuk membuat resep aneka pentol Ikan atau ingin mencoba resep pentol ikan tenggiri, memasak resep pentol ikan bandeng bisa juga untuk masak resep pentol ikan tongkol, membuat resep pentol ikan gabus dan aneka resep pentol ikan laut. Resepnya cuma satu saja, bahan ikanya bisa kita sesuaikan dengan selera kita. Untuk membuat aneka masakan pentol ikan sama halnya dengan cara membuat bakso ikan kok, sangat mudah dan gak terlalu ribet.

Bahan Bakso Ikan gabus
daging ikan gabus halus 1 kg
tepung kanji 250 gr
telur ayam 5 butir ( ambil putihnya )
daun bawang ( rajang halus )
minyak goreng 5 sdt
air es 100 cc

Bumbu Bakso Ikan gabus
bawang putih 10 siung ( haluskan )
kecap ikan 3 sdt
garam halus 3 sdt
merica bubuk 2,5 sdt
penyedap rasa bila suka

Pelengkap Bakso Ikan Gabus
Mie kuning
saos sambal
bawang goreng

Bahan & bumbu kuah baso ikan gabus
bawang putih goreng
daun seledri secukupnya
daun bawang secukupnya
merica
garam
air

Cara Membuat Bakso Ikan gabus Istimewa
1. Campur daging ikan gabus dengan air es dan putih telur lalu aduk sampai rata. tambahkan minyak 2. kemudian bumbu bumbu bakso serta daun bawang, aduk hingga adonan tercampur rata.
3. Masukkan tepung sedikit sedikit sambil diuleni hingga adonan tercampur rata. Sisihkan.
4. Panaskan air memakai api kecil. Ambil adonan bakso ikan gabus lalu genggam dan bentuk bulat dengan cara menekan ibu jari dan telunjuk.
5. Masukkan adonan bulat bakso ikan gabus kedalamm panci berisi air panas, lakukan sampai adonan habis kemudian rebus bakso dengan api yang lebih besar sampai bakso matang dan mengapung.
6. Memasak Kuah Baso Ikan gabus : Rebus air lalu masukkan bumbu kuah bakso ikan gabus hingga mendidih kemudian matikan api, taburkan bawang putih goreng diatasnya.


membuat sup ikan lezat

8. Resep Sup Ikan Kakap Spesial  Kuah Bening
Ikan kakap selalu bisa diolah menjadi aneka hidangan yang nikmat. Salah satu caranya adalah dengan memasak sop ikan kakap kuah bening. Sup ikan kakap ini memiliki cita rasa yang gurih pedas yang nikmat disantap ketika hangat. sop bening ikan kakap ini bisa dapat disajikan untuk balita lho, tapi tentunya jangan menggunakan cabai, serta kurangi bumbu, gula sama garamnya jika ingin memasak sup ikan kakap untuk balita.

Bahan Sup Ikan Kakap Pedas Spesial Kuah Bening
ikan kakap 1/2 Kg (potong2, bersihkan, cuci, lumuri air jeruk )
Kaldu ikan 1,5 liter
tomat hijau 3 buah ( iris tipis )
daun kemangi 2 buah
kecap ikan 2 sdm
air nipis halus 2 sdt
daun jeruk 2 lembar
garam secukupnya

Bumbu Sup Ikan Kakap
bawang putih 5 siung ( iris tipis )
bawang merah 8 buah ( iris tipis )
cabe rawit 7 buah ( iris tipis )
cabai merah 2 buah ( iris tipis )
jahe 1 ruas ( memarkan )

Cara Membuat Sup Ikan Kakap Kuah Bening:
1. Tumis bumbu sup ikan kakap sampai harum, angkat, sisihkan.
2. Rebus air dan kaldu sampai mendidih, masukkan ikan kakap, tambahkan tomat, daun bawang, daung kemangi, daun jeruk dan air jeruk nipis.
3. Masukkan bumbu tumis saat setengah matang, beri garam dan kecap ikan scukupnya, masak sampai matang, angkat dan sajikan.


9. Resep Sop Ikan Patin Enak Asam  Pedas
Resep sop ikan patin ini bisa juga dipakai untuk membuat sop ikan kakap, sop ikan gabus, sop ikan nila. Ikan patin termasuk jenis ikan air tawar yang mudah dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat. Salah satunya Sop Ikan patin pedas asam yang satu ini, sop ikan patin kuah kuning ini bisa juga disajikan untuk balita lho, tapi tentunya jangan pakai cabe, serta kurangi bumbu terutama kunyit, gula sama garamnya jika ingin membuat sup ikan patin untuk balita.

Bahan Membuat Sop Ikan patin Lezat
ikan patin 500 gram (potong potong cuci bersih)
cabe rawit 9 buah
bawang merah 5 buah , iris tipis
bawang putih 4 siung , iris tipis
serai 2 batang , memarkan
daun salam 2 lembar
daun jeruk 5 lembar
air 800 ml
tomat hijau 3 buah , iris menjadi 4 bagian
air jeruk nipis 2 sdm
kunyit 2 cm , memarkan
jahe 2 cm , memarkan
gula 1 sdt
garam secukupnya

Cara Membuat Sup Ikan Patin
1. Lumuri daging ikan pating dengan air jeruk nipis dan Diamkan sekitar 10 menit.
2. Didihkan air lalu masukkan bawang putih, bawang merah, cabe, jahe, kunyit serai daun jeruk dan salam. Masak sampai kuah mengeluarkan aroma harum.
3. Lalu masukkan ikan pating, masukkan tomat hijau, beri gula dan garam secukupnya. Masak sampai matang. angkat dan sajikan.

10. Resep Masakan Ikan Asam Padeh Padang
Ingin membuat menu masakan padang dari ikan, Cobai resep ikan asam padeh khas padang iniEnak segar dengan kuah yang tidak terlalu kental masakan ikan asam padeh ini tentu bisa jadi sajian yang nikmat. Ikan asam padeh padang bisa kita buat dengan ikan lamuru yang dagingnya tebal dan bertektur kenyal tapi karena susah didapat pakai ikan tenggiri atau ikan kakap juga gak kalah enak. Berikut Resep Ikan Asam Padeh dari ikan tenggiri selengkapnya.

Bahan Ikan Asam Padeh
ikan tenggiri 500 gr ( potong, cuci, lumuri dengan air jeruk nipis )
asam kandis 4 potong
daun ruku ruku 1 lembar
serai 2 batang
daun kunyit 1 lembar
daun jeruk 4 lembar
air jeruk nipis 3 sdm
garam halus 1/2 sdt
minyak 3 sdm

Bumbu Ikan Asam Padeh ( haluskan )
bawang putih 5 butir
bawang merah 10 butir
Cabe merah besar 3 buah ( buang bijinya )
kunyit 2 cm
kemiri 3 butir
jahe 1 ruas
garam halus
gula pasir secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Asam Padeh :
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang telah dihaluskan, daun jeruk, sereh, asam kandis, daun kunyit dan salam hingga harum dan wangi.
2. Tuangkan air, didihkan. Masukkan ikan, aduk aduk agar tercampur rata dengan bumbu.
3. Masak sampai matang dengan api kecil, tambahkan daun kemangi sesaat sebelum diangkat. angkat dan sajikan hangat.


11. Resep Membuat Gulai Ikan Paling Lezat
Resep ini menggunakan ikan mas sebagai bahan dasar membuat gulai ikan. anda bisa juga membuat resep gulai ikan tongkol, resep memasak gulai ikan patin, cara membuat gulai ikan mas, masakan gulai kakap atau membuat masakan gulai ikan tuna atau gulai ikan kakap semua bisa dibuat hanya dengan sebuah resep ini, tinggal diganti saja bahan ikannya kok tinggal sesuaikan selera. langsung saja yuk cobain resep gulai ikan paling lezat

Resep Membuat Gulai Ikan Mas Lezat

Bahan Gulai Ikan Paling enak
Ikan Mas 2 ekor ( potong, cuci, bersihkan, lumuri air jeruk nipis )
Santan Kelapa 1 liter
Daun Kemangi 20 lembar
Air jeruk nipis 5 sendok makan
Minyak Goreng untuk menumis

Bumbu Gulai Ikan Paling Enak
Serai 4 batang
Bawang Putih 8 siung
Bawang Merah 16 siung
Cabe Rawit Merah 14 buah
Cabe Merah Besar 12 buah
Jahe 2 ruas jari
Kunyit 6 cm
Lada Bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Gulai Ikan mas
1. Goreng ikan mas yang sudah dibersihkan sebentar saja, tiriskan.
2. Haluskan bumbu gulai ikan, tumis bersama jahe dan serai Aduk sampai rata dan harum.
3. Selanjutnya masukkan santan, lada, garam dan penyedap rasa, aduk sampai tercampur rata.
4. Masukka potongan ikan mas dan cabe rawit, aduk pelan sampai bumbu meresap. Masak sampai mendidih dan kuah mengental.  Sesaat sebelum diangkat masukkan daun kemangi. Angkat dan sajikan.


12. Resep Gulai Ikan Kakap Cabe Hijau
Gulai ikan kakap yang satu ini sedikit berbeda karena menggunakan cabe hijau. Cara membuat gulai ikan cabai hijau ini sangat simple dan cepat. Berikut resep masakan ikan gulai cabai hijau selengkapnya :

Bahan Membuat Gulai Ikan Kakap Cabe Hijau
Ikan Kakap 1 ekor
200ml Santan kental
1 serai geprek
1 daun kunyit simpul
2 daun jeruk
1 asam jawa
5 cabe rawit utuh
7 Cabe Hijau keriting
Penyedap rasa
100ml air

Bumbu Gulai ikan kakap ( halus ) :
7 cabeRawit hijau
7 bawang merah
3 bawang putih
3 cm jahe
1 cm kunyit
Garam

Cara Membuat Gulai Ikan Kakap Cabe Hijau
Masak santan, air, serai, daun kunyit, daun jeruk dan semua bumbu halus sampai mendidih. kemudian masukkan ikan, Masak sampai mendidih kembali/Ikan lembut. Angkat dan sajikan selagi hangat

resep membuat aneka masakan ikan lezat

13. Resep Ikan Bakar Bumbu Kecap Sederhana
Bosen dengan aneka masakan ikan goreng, cobain resep ikan bakar dengan paduan bumbu kecap yuk, resep masakan ikan bakar bumbu kecap ini gampang banget kok cara buatnya sangat simple dan sederhana, hanya dengan bumbu yang penting penting aja tapi tetap enak kok. langsung saja yuk cobain resep membuat ikan nila bakar bumbu kecap.

Bahan Ikan bakar Bumbu Kecap
Ikan Nila 2 ekor ( ukuran sedang, cuci bersih, lumuri air jeruk nipis )

Bumbu Ikan Bakar Kecap
Kecap Asin
Bawang Putih 10 siung ( haluskan )
margarin
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Kecap :
1. Goreng ikan sebentar agar ikan bakar gurih menggunakan teflon agar tak lengket. tiriskan.
2. Campurkan jadi satu bumbu ikan bakar untuk melumuri ikan.
3. Bakar ikan nila diatas arang sambil sesekali dibolak bali, lumuri dengan bumbu kecap. Bakar sampai matang, jangan kebanyak kipas biar matangnya kedalam. Angkat dan sajikan dengan sambal ikan bakar.
4. Membuat sambel Ikan Bakar : iris tomat, bawang merah, cabe rawit campurkan dengan kecap manis, beri perasan air jeruk nipis.

Oke demikian resep aneka masakan dari ikan paling lezat dan lengkap. Resep resep tersebut bisa anda kombinasikan atau kreasikan sendiri sesuai selera anda untuk membuat aneka masakan ikan yang enak. Bisa dengan mengganti bahan ikan, bumbu atau sambalnya. Bagi anda yang suka dengan masakan seafood coba juga resep masakan aneka kepiting seafood yang enak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "12+ Aneka Resep Masakan Ikan Paling Lezat Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel