Resep Aneka Manisan Buah Segar

Resep Aneka Manisan Buah - Kreasi makanan nusantara yang dapat dijadikan sebagai jajanan, cemilan, atau minuman segar. Rasa manis, asam dari buah membuat kesegaran yang mengandung banyak manfaat. Di dalam setiap buah tentunya terdapat berbagai macam vitamin yang sangat berguna untuk tubuh.

Banyak orang yang terkadang menganggap buah itu hanya makanan atau cemilan sampingan, padahal tanpa makan buah tentunya tubuh kita tidak segar, kulit terlihat kering. Selain memberikan vitamin dengan cara memakan buah tersebut, dapat juga menjadikan buah tersebut sebagai minuman, serta bahan untuk perawatan kecantikan. 

Dari berbagai kreasi buah, kali ini kami akan menyajikan resep bagaimana caranya mengkreasikan buah menjadi manisan. Sebelum memulai membuat, tentunya ada langkah yang paling utama dan tidak boleh terlewatkan. 

Pilih buah-buahan yang memiliki rasa khas dan dagingnya bertekstur keras, umumnya buah-buahan muda atau yang belum terlalu matang. Misalnya: kedondong, salak, mangga muda atau penchit, dan nangka. Pepaya muda dan bengkoang bisa saja dibuat manisan. Namun kedua jenis buah itu tidak memiliki rasa yang khas.

Manisan Buah dapat disajikan dalam berbagai acara dan suasana. Proses membuatnya sangat mudah, hanya butuh ketelitian dalam kebersihannya dan kesabaran dalam proses pematangannya. Dalam proses pematangan adalah penentuan enak atau tidaknya manisan buah tersebut, sehingga anda harus mengetahui benar-benar bagaimana proses pematangan yang sempurna. 

Tips dalam proses pematangan adalah pertama, pastikan semua peralatan dan pelaksanaan proses pengolahan berlangsung bersih, steril, dan higienis. Ini untuk menjamin agar buah tidak membusuk selama masa pematangan. Pilih lokasi penyimpanan manisan yang sedang dalam masa pematangan yang sejuk, tidak lembab, serta bebas dari hewan-hewan pengganggu tikus, semut, dsb. Selama masa pematangan pastikan toples kaca penyimpan manisan buah tertutup rapat dan manisan buah tidak disentuh-sentuh atau dicicipi dahulu.

Setelah mengetahui bagaimana proses pematangan manisan buah yang baik dan benar, langsung saja kita praktekkan bagaimana cara membuat manisan buah yang basah. Berikut Resep Aneka Manisan Buah yang segar dan menyehatkan.

 Kreasi makanan nusantara yang dapat dijadikan sebagai jajanan Resep Aneka Manisan Buah Segar
Resep Aneka Manisan Buah

Bahan-bahan Manisan Buah :

  1. Buah-buahan (lihat tips di atas)
  2. Gula
  3. Garam
  4. Air bersih
  5. Sitrun atau Citric Acid
  6. Air kapur atau gamping
  7. Cabe merah (bagi yang suka pedas)

Cara Membuat Manisan Buah :

  1. Buah-buahan dicuci bersih, dikupas, dan dipotong-potong (ukuran sesuai selera)
  2. Selanjutnya direndam di dalam air kapur selama kurang lebih 30 menit
  3. Sambil menunggu buah tadi selesai masa perendaman, maka anda rebuslah air hingga mendidih
  4. Larutkan gula ke dalam air mendidih. Takaran gula tergantung manis/tidaknya buah yang dijadikan manisan atau menurut selera. Bisa juga menggunakan takaran umum yaitu 600 gram gula untuk 1 liter air atau sekitar 60% – 70%
  5. Larutkan garam, kira-kira 1 sendok makan untuk setiap 1 liter air.
  6. Campurkan cabe merah bila dikehendaki
  7. Aduk-aduk hingga larut dan mendidih kembali
  8. Campurkan sitrun, kurang lebih ½ sendok makan untuk setiap 1 liter air
  9. Setelah campuran diaduk hingga merata, angkat
  10. Cuci kembali potongan-potongan buah yang tadi direndam dalam air kapur hingga bersih
  11. Setelah bersih, potongan-potongan buah ditata rapi dalam toples kaca
  12. Tuangkan campuran air, gula, garam, cabe, dan sitrun tadi ke dalam toples hingga buah terendam seluruhnya. Campuran boleh dituangkan dalam keadaan masih panas ataupun sudah dingin
  13. Tunggu hingga campuran air, gula, garam, cabe, dan sitrun yang sudah dituang benar-benar dalam keadaan dingin, sudah tidak menguap lagi, baru tutup rapat toplesnya
  14. Simpan untuk masa pematangan selama kurang lebih 4 hari
Dalam proses pematangan dpat jugadengan cara menyimpan toples di dalam kulkas selama masa pematangan untuk mencegah pembusukan karena proses pembuatan yang dilakukan terkadang mungkin kurang higienis sekaligus menghindari hewan-hewan pengganggu. Demikian Resep Tekwan zonamakan.blogspot.com pilihan menu favorit anda dan keluarga. Selamat mencoba, semoga bermanfaat

0 Response to "Resep Aneka Manisan Buah Segar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel